Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:
إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا
Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS. An-Nisa' [4]: 103)
Allah subhanahu wa ta'ala dalam ayat tersebut menyebutkan waktu sholat secara mutlak tanpa dirinci lebih detil lagi batasan – batasan waktunya. Kemudian datanglah sunnah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan waktu – waktu sholat tersebut secara detil beserta batasan – batasan waktunya dengan perkataan dan perbuatan beliau. Dengan demikian, hadits – hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah perkara ushul dari waktu – waktu sholat. Di sini kami akan membawakan tiga buah hadits yang cukup mewakili pembahasan waktu – waktu sholat ini secara keseluruhan.
Hadits ke 1:
Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhu bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
أَمَّنِي جِبْرِيلُ عِنْدَ البَيْتِ مَرَّتَيْنِ، فَصَلَّى الظُّهْرَ فِي الأُولَى مِنْهُمَا حِينَ كَانَ الفَيْءُ مِثْلَ الشِّرَاكِ، ثُمَّ صَلَّى العَصْرَ حِينَ كَانَ كُلُّ شَيْءٍ مِثْلَ ظِلِّهِ، ثُمَّ صَلَّى المَغْرِبَ حِينَ وَجَبَتِ الشَّمْسُ وَأَفْطَرَ الصَّائِمُ، ثُمَّ صَلَّى العِشَاءَ حِينَ غَابَ الشَّفَقُ، ثُمَّ صَلَّى الفَجْرَ حِينَ بَرَقَ الفَجْرُ، وَحَرُمَ الطَّعَامُ عَلَى الصَّائِمِ، وَصَلَّى المَرَّةَ الثَّانِيَةَ الظُّهْرَ حِينَ كَانَ ظِلُّ كُلِّ شَيْءٍ مِثْلَهُ لِوَقْتِ العَصْرِ بِالأَمْسِ، ثُمَّ صَلَّى العَصْرَ حِينَ كَانَ ظِلُّ كُلِّ شَيْءٍ مِثْلَيْهِ، ثُمَّ صَلَّى المَغْرِبَ لِوَقْتِهِ الأَوَّلِ، ثُمَّ صَلَّى العِشَاءَ الآخِرَةَ حِينَ ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ، ثُمَّ صَلَّى الصُّبْحَ حِينَ أَسْفَرَتِ الأَرْضُ، ثُمَّ التَفَتَ إِلَيَّ جِبْرِيلُ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ، هَذَا وَقْتُ الأَنْبِيَاءِ مِنْ قَبْلِكَ، وَالوَقْتُ فِيمَا بَيْنَ هَذَيْنِ الوَقْتَيْنِ "
Jibril pernah mengimamiku di sisi Ka'bah dua kali. Pertama kali, ia shalat zhuhur ketika bayang-bayang seperti tali sandal. Kemudian ia shalat ashar ketika bayangan sesuatu seperti benda aslinya. Kemudian shalat maghrib ketika matahari terbenam dan orang-orang yg berpuasa berbuka. Kemudian shalat isya ketika warna merah di langit hilang. Setelah itu ia shalat fajar (subuh) ketika fajar terbit dan makanan menjadi haram bagi orang yg berpuasa. Pada kali kedua, ia shalat zhuhur ketika bayangan sesuatu sebagaimana aslinya, persis untuk waktu shalat ashar kemarin. Lalu ia shalat asar ketika bayangan setiap sesuatu dua kali dari benda aslinya. Kemudian ia shalat maghrib sebagaimana waktu yg lalu, lalu shalat isya yg akhir ketika telah berlalu sepertiga waktu malam. Kemudian shalat subuh ketika matahari telah merekah menyinari bumi. Setelah itu Jibril menoleh ke arahku seraya berkata; Wahai Muhammad, ini adalah waktu para Nabi sebelum Engkau, dan waktu shalat adalah antara kedua waktu ini. (HR. Tirmidzi beliau berkata hadits ini hadits hasan).
Hadits ke 2:
Dari Sulaiman bin Buraidah dari bapaknya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwasanya ada seorang laki-laki bertanya kepada beliau tentang waktu shalat (fardhu). Maka beliau bersabda kepadanya:
«صَلِّ مَعَنَا هَذَيْنِ - يَعْنِي الْيَوْمَيْنِ - فَلَمَّا زَالَتِ الشَّمْسُ أَمَرَ بِلَالًا فَأَذَّنَ، ثُمَّ أَمَرَهُ، فَأَقَامَ الظُّهْرَ، ثُمَّ أَمَرَهُ، فَأَقَامَ الْعَصْرَ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ، ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ الْمَغْرِبَ حِينَ غَابَتِ الشَّمْسُ، ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ الْعِشَاءَ حِينَ غَابَ الشَّفَقُ، ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ الْفَجْرَ حِينَ طَلَعَ الْفَجْرَ، فَلَمَّا أَنْ كَانَ الْيَوْمُ الثَّانِي أَمَرَهُ فَأَبْرَدَ بِالظُّهْرِ، فَأَبْرَدَ بِهَا، فَأَنْعَمَ أَنْ يُبْرِدَ بِهَا، وَصَلَّى الْعَصْرَ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ أَخَّرَهَا فَوْقَ الَّذِي كَانَ، وَصَلَّى الْمَغْرِبَ قَبْلَ أَنْ يَغِيبَ الشَّفَقُ، وَصَلَّى الْعِشَاءَ بَعْدَمَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ، وَصَلَّى الْفَجْرَ فَأَسْفَرَ بِهَا»، ثُمَّ قَالَ: «أَيْنَ السَّائِلُ عَنْ وَقْتِ الصَّلَاةِ؟» فَقَالَ الرَّجُلُ: أَنَا، يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: «وَقْتُ صَلَاتِكُمْ بَيْنَ مَا رَأَيْتُمْ»
"Shalatlah bersama kami dua hari ini". Maka setelah matahari tergelincir beliau menyuruh Bilal supaya adzan, lalu Bilal adzan. Kemudian beliau menyuruhnya untuk iqamah, lalu Bilal iqamah untuk shalat zhuhur. Kemudian beliau menyuruhnya, lalu Bilal iqamah shalat ashar, sedangkan pada waktu itu matahari masih tinggi bersinar putih bersih. Kemudian beliau menyuruhnya, lalu Bilal iqamah shalat maghrib ketika matahari terbenam. Kemudian beliau menyuruhnya iqamah, lalu Bilal iqamah shalat isya ketika telah hilang cahaya merah. Kemudian beliau menyuruhnya iqamah, lalu Bilal iqamah shalat fajar ketika terbit fajar. Kemudian pada hari kedua beliau menyuruh Bilal untuk menangguhkan shalat dhuhur hingga dingin, lalu Bilal menangguhkannya, Beliau menyuruh menangguhkannya lagi hingga dingin. Dan beliau shalat 'ashar pada waktu matahari masih tinggi, tetapi lebih sore daripada hari sebelumnya. Dan beliau shalat maghrib sebelum hilang cahaya merah. Dan beliau shalat isya setelah berlalu sepertiga malam. Dan beliau shalat fajar ketika waktu sudah terang. Lalu beliau bersabda, "Dimanakah orang yang menanyakan tentang waktu shalat "(fardhu) ?". Kemudian seorang laki-laki menjawab, "Saya, ya Rasulullah". Beliau bersabda, "Waktu shalat kalian adalah antara waktu-waktu yang telah kalian ketahui tadi" (HR. Muslim).
Hadits ke 3:
Dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
" أَتَاهُ سَائِلٌ يَسْأَلُهُ عَنْ مَوَاقِيتِ الصَّلَاةِ، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ شَيْئًا، قَالَ: فَأَقَامَ الْفَجْرَ حِينَ انْشَقَّ الْفَجْرُ، وَالنَّاسُ لَا يَكَادُ يَعْرِفُ بَعْضُهُمْ بَعْضًا، ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ بِالظُّهْرِ، حِينَ زَالَتِ الشَّمْسُ، وَالْقَائِلُ يَقُولُ قَدِ انْتَصَفَ النَّهَارُ، وَهُوَ كَانَ أَعْلَمَ مِنْهُمْ، ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ بِالْعَصْرِ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ، ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ بِالْمَغْرِبِ حِينَ وَقَعَتِ الشَّمْسُ، ثُمَّ أَمَرَهُ فَأَقَامَ الْعِشَاءَ حِينَ غَابَ الشَّفَقُ، ثُمَّ أَخَّرَ الْفَجْرَ مِنَ الْغَدِ حَتَّى انْصَرَفَ مِنْهَا، وَالْقَائِلُ يَقُولُ قَدْ طَلَعَتِ الشَّمْسُ، أَوْ كَادَتْ، ثُمَّ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى كَانَ قَرِيبًا مِنْ وَقْتِ الْعَصْرِ بِالْأَمْسِ، ثُمَّ أَخَّرَ الْعَصْرَ حَتَّى انْصَرَفَ مِنْهَا، وَالْقَائِلُ يَقُولُ قَدِ احْمَرَّتِ الشَّمْسُ، ثُمَّ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى كَانَ عِنْدَ سُقُوطِ الشَّفَقِ، ثُمَّ أَخَّرَ الْعِشَاءَ حَتَّى كَانَ ثُلُثُ اللَّيْلِ الْأَوَّلُ، ثُمَّ أَصْبَحَ فَدَعَا السَّائِلَ، فَقَالَ: الْوَقْتُ بَيْنَ هَذَيْنِ "
“Telah datang kepada Nabi seseorang yang bertanya kepadanya tentang waktu-waktu shalat, namun Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak menjawabnya. Abu musa berkata : Kemudian Nabi shallallahu alaihi wa sallam melakukan shalat fajar (subuh) ketika terbit fajar (shâdiq), sedangkan orang-orang pada waktu itu (terbit fajar) hampir tidak dapat melihat satu sama lainnya. Kemudian Beliau memerintahkan si penanya (untuk sholat), maka Beliau melakukan shalat zhuhur ketika matahari mulai bergeser (ke barat), ketika itu (matahari mulai bergeser ke barat) ada orang berkata: Waktu siang telah berjalan separuh, padahal Nabi lebih mengetahui dibanding mereka. Kemudian Beliau memerintahkan si penanya (untuk sholat) maka kemudian Beliau melakukan shalat ‘ashar sedangkan matahari masih tinggi (belum terbenam). Kemudian Beliau memerintahkan si penanya (untuk sholat) maka kemudian Beliau melakukan shalat maghrib ketika matahari telah terbenam. Kemudian Beliau memerintahkan si penanya (untuk sholat) maka kemudian Beliau melakukan shalat ‘isya ketika mega merah telah sirna. Pada keesokan harinya, Beliau mengakhirkan shalat fajar. Beliau salam dari shalat fajar, ketika orang-orang bekata matahari telah terbit, atau hampir terbit. Kemudian Beliau mengakhirkan shalat zhuhur hampir mendekati waktu ‘ashar kemarin. Kemudian Beliau melakukan shalat ‘ashar, Beliau salam ketika orang-orang berkata matahari telah memerah. Kemudian Beliau mengakhirkan shalat maghrib sampai hampir mega merah sirna. Beliau juga mengakhirkan shalat ‘isyâ sampai 1/3 malam, kemudian Beliau memasuki waktu shubuh. Beliau memanggil si a’raby yang bertanya, Beliau bersabda : Waktu shalat adalah diantara dua waktu ini (hari ini dan kemarin).” (HR. Muslim).
Waktu Sholat Fajar (Subuh)
Masuknya waktu sholat fajar atau sholat subuh adalah ketika terbit fajar shodiq yang terbit menyebar luas di ufuk. Berakhirnya waktu sholat fajar adalah ketika telah terbit matahari berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:
وَوَقْتُ صَلَاةِ الصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ الْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ
“waktu shubuh itu sejak dari terbitnya fajar selama matahari belum terbit” (HR. Muslim).
Waktu ikhtiyar (pilihan) untuk shalat subuh adalah sejak terbitnya fajar shadiq hingga terang berdasarkan hadits Jibril ‘alaihis salam:
… ثُمَّ صَلَّى الفَجْرَ حِينَ بَرَقَ الفَجْرُ… ثُمَّ صَلَّى الصُّبْحَ حِينَ أَسْفَرَتِ الأَرْضُ، ثُمَّ التَفَتَ إِلَيَّ جِبْرِيلُ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ، هَذَا وَقْتُ الأَنْبِيَاءِ مِنْ قَبْلِكَ، وَالوَقْتُ فِيمَا بَيْنَ هَذَيْنِ الوَقْتَيْنِ
“…Setelah itu ia shalat fajar (subuh) ketika fajar terbit.. kemudian shalat subuh (kali kedua) ketika matahari telah merekah menyinari bumi. Setelah itu Jibril menoleh ke arahku seraya berkata; Wahai Muhammad, ini adalah waktu para Nabi sebelum Engkau, dan waktu shalat adalah antara kedua waktu ini.” (HR. Tirmidzi, beliau berkata hadits ini hadits hasan).
Adapun waktu jawaz (boleh) untuk shalat subuh adalah hingga terbitnya matahari berdasarkan hadits riwayat Muslim di atas tadi.
Waktu Sholat Zhuhur
Waktu sholat zhuhur dimulai ketika zawal yaitu ketika matahari miring dari tengah – tengah langit menuju ke arah barat. Awal waktu zhuhur yaitu ketika matahari telah bergeser dari tengah – tengah langit dan akhir waktunya yaitu ketika bayangan segala sesuatu semisal panjangnya dengan bendanya. Dalil waktu zhuhur ini yaitu hadits Jibril ‘alaihis salam:
… فَصَلَّى الظُّهْرَ فِي الأُولَى مِنْهُمَا حِينَ كَانَ الفَيْءُ مِثْلَ الشِّرَاكِ… َصَلَّى المَرَّةَ الثَّانِيَةَ الظُّهْرَ حِينَ كَانَ ظِلُّ كُلِّ شَيْءٍ مِثْلَهُ لِوَقْتِ العَصْرِ بِالأَمْسِ،…
…Pertama kali, ia shalat zhuhur ketika bayang-bayang seperti tali sandal….Pada kali kedua, ia shalat dzhuhur ketika bayangan sesuatu sebagaimana aslinya, persis untuk waktu shalat ashar kemarin.… (HR. Tirmidzi beliau berkata hadits ini hadits hasan).
Waktu zawal dapat diketahui dengan cara seseorang berdiri tegak di siang hari. Apabila terdapat bayangan ke arah barat yang makin lama semakin pendek, berarti saat itu belum zawal. Apabila bayangan telah hilang atau tepat di bawah telapak kaki serta tidak bertambah dan tidak berkurang, maka saat itu adalah waktu istiwa’ (tengah hari). Apabila bayangan muncul kembali ke arah timur dengan panjang yang makin lama makin bertambah, maka itulah waktu zawal.
Waktu Sholat Ashar
Waktu sholat ashar dimulai dari akhir waktu sholat zhuhur yaitu ketika bayangan sesuatu panjangnya semisal dengannya lebih sedikit hingga tenggelamnya matahari. Itulah waktu jawaz sholat ashar sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
«أَمَا إِنَّهُ لَيْسَ فِيَّ النَّوْمِ تَفْرِيطٌ، إِنَّمَا التَّفْرِيطُ عَلَى مَنْ لَمْ يُصَلِّ الصَّلَاةَ حَتَّى يَجِيءَ وَقْتُ الصَّلَاةَ الْأُخْرَى، فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَلْيُصَلِّهَا حِينَ يَنْتَبِهُ لَهَا، فَإِذَا كَانَ الْغَدُ فَلْيُصَلِّهَا عِنْدَ وَقْتِهَا»
“Orang yang ketiduran tidaklah dikatakan tafrith (meremehkan). Sesungguhnya yang dinamakan meremehkan adalah orang yang tidak mengerjakan shalat sampai datang waktu shalat berikutnya.” (HR. Muslim)
Juga sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
«مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الصُّبْحِ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ، فَقَدْ أَدْرَكَ الصُّبْحَ، وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ، فَقَدْ أَدْرَكَ الْعَصْرَ»
"Barangsiapa mendapatkan satu rakaat shalat subuh sebelum matahari terbit, berarti ia mendapatkan shalat subuh, dan barangsiapa mendapatkan satu rakaat shalat ashar sebelum matahari tenggelam, berrati ia telah mendapatkan shalat ashar." (HR. Muslim).
Meski demikian, waktu ikhtiyar (pilihan) untuk sholat ashar adalah tidak melebihi waktu ketika panjang bayangan benda kurang lebih dua kali panjang bendanya sebagaimana hadits Jibril ‘alaihis salam di awal pembahasan. Adapun waktu sholat ashar yang jawaz (boleh) tanpa makruh adalah hingga matahari berwarna kekuning – kuningan. Adapun waktu sholat ashar yang jawaz (boleh) disertai dengan makruh adalah ketika matahari berwarna kekuning – kuningan hingga tenggelamnya matahari.
Adapun Antara sholat zhuhur dengan sholat ashar, tidak ada waktu yang saling beririsan satu sama lain. Ketika waktu sholat zhuhur berakhir maka itu berarti masuk waktu sholat ashar. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Amru radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
«إِذَا صَلَّيْتُمُ الْفَجْرَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنَّ يَطْلُعَ قَرْنُ الشَّمْسِ الْأَوَّلُ، ثُمَّ إِذَا صَلَّيْتُمُ الظُّهْرَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنْ يَحْضُرَ الْعَصْرُ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الْعَصْرُ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الْمَغْرِبَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنْ يَسْقُطَ الشَّفَقُ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الْعِشَاءَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ»
"Jika kalian melaksanakan shalat fajar, maka waktunya hingga muncul bagian matahari yang mula – mula tampak, jika kalian shalat zhuhur, maka waktunya hingga tiba waktu shalat ashar, dan jika kalian melaksanakan shalat ashar, makwa waktunya hingga matahari menguning, jika kalian melaksanakan shalat maghrib, maka waktunya hingga syafaq (mega merah) menghilang, dan jika kalian shalat isya', maka waktunya hingga tengah malam." (HR. Muslim).
Waktu Sholat Maghrib
Masuk waktu sholat maghrib ketika terbenamnya matahari yaitu ketika bulatan matahari telah sempurna tenggelam secara keseluruhan di ufuk barat. Hal ini berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Jibril ‘alaihissalam:
ثُمَّ صَلَّى المَغْرِبَ حِينَ وَجَبَتِ الشَّمْسُ وَأَفْطَرَ الصَّائِمُ
“Kemudian shalat maghrib ketika matahari terbenam dan orang-orang yg berpuasa berbuka.” (HR. Tirmidzi beliau berkata hadits ini hadits hasan).
Adapun akhir waktu sholat maghrib adalah hingga terbenamnya syafaq (sinar merah matahari setelah matahari terbenam) berdasarkan riwayat ‘Abdullah bin Amru radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
«إِذَا صَلَّيْتُمُ الْفَجْرَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنَّ يَطْلُعَ قَرْنُ الشَّمْسِ الْأَوَّلُ، ثُمَّ إِذَا صَلَّيْتُمُ الظُّهْرَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنْ يَحْضُرَ الْعَصْرُ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الْعَصْرُ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الْمَغْرِبَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى أَنْ يَسْقُطَ الشَّفَقُ، فَإِذَا صَلَّيْتُمُ الْعِشَاءَ فَإِنَّهُ وَقْتٌ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ»
"Jika kalian melaksanakan shalat fajar, maka waktunya hingga muncul bagian matahari yang mula – mula tampak, jika kalian shalat zhuhur, maka waktunya hingga tiba waktu shalat ashar, dan jika kalian melaksanakan shalat ashar, makwa waktunya hingga matahari menguning, jika kalian melaksanakan shalat maghrib, maka waktunya hingga syafaq (mega merah) menghilang, dan jika kalian shalat isya', maka waktunya hingga tengah malam." (HR. Muslim).
Sholat ini disebut dengan sholat maghrib karena dilakukan setelah ghurub (terbenamnya matahari). Makruh hukumnya menyebut sholat maghrib dengan sebutan sholat isya’ berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Mughaffal al Muzani bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
«لاَ تَغْلِبَنَّكُمُ الأَعْرَابُ عَلَى اسْمِ صَلاَتِكُمُ المَغْرِبِ» قَالَ الأَعْرَابُ: وَتَقُولُ: هِيَ العِشَاءُ
"Janganlah kalian dikalahkan oleh orang Badui dalam menamakan (melaksanakan) shalat Maghrib kalian." 'Abdullah bin Mughaffal Al Muzani berkata, "Orang Badui menyebut Maghrib dengan 'Isya (kerena mereka menunda pelaksanaan Maghrib hingga masuk waktu 'Isya)." (HR. Bukhari).
Waktu Sholat Isya’
Masuk waktu sholat isya’ ketika syafaq (sinar merah matahari setelah matahari terbenam) telah tenggelam dalilnya yaitu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Jibril ‘alaihissalam:
ثُمَّ صَلَّى العِشَاءَ حِينَ غَابَ الشَّفَقُ،
“Kemudian shalat isya ketika warna merah di langit hilang.” (HR. Tirmidzi beliau berkata hadits ini hadits hasan).
Adapun pada negeri yang tidak tenggelam syafaq nya karena memang begitu sifat alam di sana misalnya saja di daerah sekitar kutub dsb, maka penduduk negeri tersebut memperkirakan waktu tenggelamnya syafaq dengan negeri terdekat mereka. Hal ini karena syafaq di sisi mereka mungkin merupakan waktu malam mereka.
Akhir waktu isya’ adalah hingga terbitnya fajar shodiq (subuh) berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda::
«أَمَا إِنَّهُ لَيْسَ فِيَّ النَّوْمِ تَفْرِيطٌ، إِنَّمَا التَّفْرِيطُ عَلَى مَنْ لَمْ يُصَلِّ الصَّلَاةَ حَتَّى يَجِيءَ وَقْتُ الصَّلَاةَ الْأُخْرَى، فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَلْيُصَلِّهَا حِينَ يَنْتَبِهُ لَهَا، فَإِذَا كَانَ الْغَدُ فَلْيُصَلِّهَا عِنْدَ وَقْتِهَا»
“Orang yang ketiduran tidaklah dikatakan tafrith (meremehkan). Sesungguhnya yang dinamakan meremehkan adalah orang yang tidak mengerjakan shalat sampai datang waktu shalat berikutnya.” (HR. Muslim)
Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa tidaklah waktu sholat itu berakhir kecuali masuk kepada waktu sholat yang lain kecuali sholat subuh yang waktunya berakhir dengan terbitnya matahari. Meski demikian, untuk sholat isya’ waktu ikhtiyar untuk melaksanakan sholat isya’ itu adalah sepertiga malam yang pertama atau hingga setengah malam yang pertama sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Jibril ‘alaihissalam:
… ثُمَّ صَلَّى العِشَاءَ الآخِرَةَ حِينَ ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ،…
… lalu shalat isya yg akhir ketika telah berlalu sepertiga waktu malam….(HR. Tirmidzi beliau berkata hadits ini hadits hasan)
Dari Abdullah bin 'Amru bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
«وَقْتُ الظُّهْرِ إِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ كَطُولِهِ، مَا لَمْ يَحْضُرِ الْعَصْرُ، وَوَقْتُ الْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ الشَّمْسُ، وَوَقْتُ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبِ الشَّفَقُ، وَوَقْتُ صَلَاةِ الْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ الْأَوْسَطِ، وَوَقْتُ صَلَاةِ الصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ الْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ، فَإِذَا طَلَعَتِ الشَّمْسُ فَأَمْسِكْ عَنِ الصَّلَاةِ، فَإِنَّهَا تَطْلُعْ بَيْنَ قَرْنَيْ شَيْطَانٍ»
"Waktu shalat zhuhur adalah jika matahari telah concong dan bayangan sesorang seperti panjangnya selama belum tiba waktu shalat ashar, dan waktu shalat ashar selama matahari belum menguning, dan waktu shalat maghrib selama mega merah (syafaq) belum menghilang, dan waktu shalat isya` hingga tengah malam, dan waktu shalat shubuh semenjak terbit fajar selama matahari belum terbit, jika matahari terbit, maka janganlah melaksanakan shalat, sebab ia terbit diantara dua tanduk setan." (HR. Muslim)
Adapun waktu jawaz (bolehnya) mengerjakan sholat isya’ adalah hingga terbitnya fajar shodiq (subuh).
Makruh hukumnya menyebut sholat isya’ dengan sebutan sholat ‘atamah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, beliau berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
لَا تَغْلِبَنَّكُمْ الْأَعْرَابُ عَلَى اسْمِ صَلَاتِكُمْ أَلَا إِنَّهَا الْعِشَاءُ وَهُمْ يُعْتِمُونَ بِالْإِبِلِ
"Janganlah kalian dikalahkan oleh orang arab Badui dalam menamai shalat kalian, ketahuilah bahwa nama shalat malam itu adalah isya` -bukan shalat atamah-, karena memang shalat itu (dikerjakan) ketika mereka mengandangkan unta tengah malam untuk mereka perah susunya yang mereka istilahkan yu'thimuun." (HR. Muslim).
Makruh hukumnya tidur sebelum menunaikan sholat ‘isya setelah masuk waktunya karena dikhawatirkan kelewatan tidur hingga subuh. Hal ini juga berlaku untuk sholat – sholat yang lain. Makruhnya tidur sebelum sholat tersebut berlaku ketika dia menduga akan dapat bangun ketika waktunya. Akan tetapi bila dia menduga tidak dapat bangun pada waktunya maka haram tidur terlebih dahulu meskipun dapat bangun pada waktunya, kecuali ia ketiduran maka hal tersebut bukanlah maksiyat dan tidak dihukumi makruh.
Makruh hukumnya mengobrol dan begadang semalaman setelah sholat ‘isya kecuali untuk kebaikan seperti untuk belajar, mudzakarah (musyawarah), safar, menemani tamu, mengobrol bersama istri, dll sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Imran bin Hushain bahwasanya Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam:
يُحَدِّثُنَا عَامَّةَ لَيْلِهِ عَنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ
“Beliau menceritakan kepada kami tentang Bani Israil semalaman” (HR. al-Hakim dan beliau menshahihkannya).
Adapun dalil yang menunjukkan makruhnya tidur sebelum sholat ‘isya dan mengobrol setelahnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Barzah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:
«كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُبَالِي بَعْضَ تَأْخِيرِ صَلَاةِ الْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ، وَكَانَ لَا يُحِبُّ النَّوْمَ قَبْلَهَا، وَلَا الْحَدِيثَ بَعْدَهَا»
“Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak mempedulikan untuk mengakhirkan sebagian shalat isya` hingga pertengahan malam, dan beliau tidak menyukai tidur sebelum isya` dan tidak menyukai pembicaraan sesudahnya." (HR. Bukhari dan Muslim).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar